Rabu, 19 Januari 2011

“ALCOR LIFE EXTENSION” BERUSAHA BANGKITKAN ORANG MATI


Memang, kematian adalah suatu hal yang tidak terelakkan bagi mnusia. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang, mulai muncul gagasan gila, kematian bisa “diakali”. Jika ditelisik lebih jauh, itu cukup masuk akal. Saat ini telah terungkap bahwa manusia belum sepenuhnya mati saat jantung berhenti berdetak. Otak masih tetap hidup selama beberapa menit sebelum akhirnya berhenti total karena tidak ada asupan oksigen, yang kemudian membuat manusia mati selamanya.
            
            Atas dasar itu, sebuah organisasi berteknologi tinddi di Amerika Serikat menawarkan jasa pengawetan otak. Organisasi itu bernama Alcor Life Extension Foundation yang merupakan organisasi nirlaba di Scottsdale, Arizona, dan berdiri sejak 1972. organisasi itu mengembangkan teknologi cryonics yang dapat menunda kematian manusia. Cara yang diambil adalah pengawetan. Mereka berharap agar teknologi di masa depan bisa kembali membangkitkan manusia-manusia tersebut.

            Teknologi cryonics adalah praktik pengawetan manusia dengan menggunakan temperature sangat dingin. Itu dilakukan untuk menghentikan proses kematian otak ketika obat biasa tidak dapat lagi menopang kehidupan. Tujuannya, dapat menyelamatkan hidup pasien hingga obat untuk penyakit mereka dapat ditemukan. Prosedur pendinginan fisik pasien yang rencananya kembali dihidupkan cukup rumit. Pasien secara legal harus dinyatakan mati, jantung berhenti berdegup, namun sel-sel otak masih baik. Oleh tim ALCOR, tubuh yang sudah mati tidak langsung dimasukkan kea lat pendingin. Air di dalam sel-sel tubuh harus dikeluarkan terlebih dahulu, diganti dengan cairan yang disebut cryoprotectant, zat pencegah pembekuan.

            Pada temperature yang sangat rendah, cryoprotectant akan mengeras seperti kaca, namun tidak merusak jatingan tubuh. Pembentukan kaca itu dikenal sebagai vitrication. Vitrication adalah bagian penting dari usaha untuk menjaga pasien dalam kondisi terbaik untuk memaksimalkan kesempatan hidup dimasa depan.

            Setelah cairan tubuh diganti cryoprotectant, barulan tubuh pasien dimasukkan ke container pribadi. Tubuh itu disimpan di dalam tangki metal berisi nitrogen cair dengan suhu -196 derajat celcius. Pasien akan diletakkan dengan posisi terbalik. Itu dilakukan untuk menjaga otak pasien menjadi bagian terakhir yang mencair apabila terjadi sesuatu. Bila di masa depan teknologi penghidupan kembali ditemukan, tubuh akan dikeluarkan. Pasien pun hidup kembali.

0 komentar:


BEST PLAYER IN THE WORLD

BEST PLAYER IN THE WORLD
Zlatan Ibrahimovic

SONG PLAYER

GOOGLE Translate

WHAT TIME IS IT ..??

Hafidz AShar | Template by - Abdul Munir - 2008 - layout4all. Thanks to Blogger Templates